Connect
To Top

Pemburuan Salah Satu Faktor Penyebab Terancam Punahnya Satwa di Alam Liar

Pada hakikatnya semua mahluk hidup tak kecuali hewan akan mempertahankan hidupnya dari serangan musuh untuk menghidari yang namanya kematian. Semua hewan dirimba memiliki naluri yang tinggi untuk bertahan hidup, berbagai tantangan dihadapi oleh satwa liar untuk bertahan hidup dan mempertahankan popiulasinya tetap ada di muka bumi.

Namun seiring berjalannya waktu sebagian jenis satwa liar di rimba semakin langka bahkan terancam punah, hal tersebut disebabkan oleh pemburuan dilakukan oleh manusia dalam skala besar.

Berburu telah telah dilakukan semenjak nenek moyang kita ada, bahkan telah dilakukan semenjak jaman manusia purba. Akan tetapi perlu kita ketahui mereka burburu hanya memenuhi bahan makanan untuk dimakan. Kehidupan sosial pada masa itu sangat tergantung pada hewan buruan atau lebih dikenal dengan sebutan food gathering mengumpulkan makanan buruan untuk dimakan.

Seiring perkembangan jaman tata cara berburu dan penggunaan hewan buruan berubah, saat ini manusia berburu bukan hanya untuk memakan dagingnya, akan tetapi untuk diperjual belikan, bahkan hewan buruan yang tidak bisa dimakan dagingnya juga ikut jadi korban karena bagian tubuh satwa tersebut dibeli dengan harga yang fantastis. tak heran pemburuan dilakukan dalam skala besar untuk mendapat keuntungan yang besar pula.

Prilaku manusia menggunakan bagian tubuh hewan juga punya sejarah panjang, mulai hiasan rambut, dekorasi ruangan hingga jadi suatu kebanggaan dan menjadi sebuah trend yang terkesan kemewahan untuk dipamerkan bagian tubuh hewan yang dimilikinya. tidak hanya itu kepercaan manusia terhadap ramuan obat tertentu melibatkan bagian tubuh hewan kerap menyebabkan hewan punah di muka bumi. Bagian tubuh hewan yang langka semakin tinggi pula harga diperjual belikan di pasar gelap secara illegal hingga ke luar negeri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flora