Connect
To Top

Ketersediaan Air Dunia Menipis, Kehidupan Mahluk Hidup di Bumi Terancam

Untuk memastikan bumi tetap sehat dan memenuhi kebutuhan populasi global yang tumbuh sangat cepat demi keseimbangan alam perlu dilakukan berbagai langkah untuk menanggulangi masalah persediaan air dunia. Pertumbuhan penduduk dan perubahan pola konsumsi manusia serta pembangunan sangat berdampak pada pasokan air dunia.

Sebuah data berdasarkan hasil penelitian dalam studi yang dilakukan oleh organisasi pendidikan Ilmu pengetahuan dan kebudayaan PPB, Unisco baru baru ini mengungkapkan bahwa permintaan air penduduk dunia meningkat 1% pertahun. Sementara perubahan iklim dan populasi udara serta erosi mengancam kualitas dan ketersedian air.

Banyak negara mengandalkan system pengelolaan air buatan seperti saluran irigasi, waduk dan instalasi pengelolaan air sementara pengelolaan air yang hijau yang banyak manfaatnya sangat sedikit dilakukan.

Perlu kita sadari bersama pengeloaan air yang hijau merupakan solusi pengelolaan air secara bersamaan sehingga dapat mengurangi banjir , kekeringan serta dapat memperbaiki akses air itu sendiri.

Bagaimana pengeloaan air yang hijau?, menanam jawabannya, jika kita melakukan penanaman mulai dari sekarang untuk pengendalian air dimasa depan. Pengelolaan air yang hijau dapat meningkatkan produksi pertanian yang memberi kita makan.

Terbatasnya kesediaan air bersih terbatas mengakibatkan banyak orang yang tidak memiliki akses terhadap air bersih sehingga angka kematian yang disebabkan berbagai menyakit meningkat tajam.

Tidak hanya manusia yang menjadi korban, akan tetapi berbagai jenis hewan dan tumbuhan juga terancam mati akibat kekeringan yang melanda di berbagai negara di dunia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Konservasi