Connect
To Top

GBAB: Masyarakat Beutong Ateuh Banggalang Masih Konsisten Tolak PT. EMM

“Jadi tidak benar jika ada informasi bahwa saat ini masyarakat mulai menerima perusahaan tambang emas tersebut untuk beroperasi. Perjuangan penolakan ini sudah kami lakukan mulai tahun 2013 hingga sekarang, semua masyarakat masih berada dalam satu barisan tolak tambang”.

Ulumasen.com – Organisasi Generasi Beutong Ateuh Banggalang (GBAB) menyatakan hingga hari ini masyarakat Beutong Ateuh Banggalang masih konsisten menolak kehadiran pertambangan PT. Emas Mineral Murni (PT. EMM) di daerahnya, Kamis (24/10/2019).

“Jadi tidak benar jika ada informasi bahwa saat ini masyarakat mulai menerima perusahaan tambang emas tersebut untuk beroperasi. Perjuangan penolakan ini sudah kami lakukan mulai tahun 2013 hingga sekarang, semua masyarakat masih berada dalam satu barisan tolak tambang”.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua GBAB Zakaria untuk meluruskan informasi ke publik, karena adanya informasi yang berkembang yang menyatakan masyarakat mulai menerima pertambangan atas upaya dan loby pihak perusahaan.

Zakaria menduga ada pihak tertentu yang sengaja menyebarkan informasi tidak benar untuk memecah belahkan kekompakan masyarakat terkait tolak tambang PT. EMM. Sebut Zakaria dalam rilis yang diterima ulumasen.com

Sebagaimana diketahui bersama proses gugatan hukum terkait upaya pencabutan izin PT. EMM yang diterbitkan oleh BKPM RI sedang dalam proses kasasi di Mahkamah Agung. pada kesempatan tersebut Ketua GBAB meminta dukungan semua masyarakat Aceh agar putusan kasasi memihak kepada perjuangan masyarakat Beutong Ateuh Banggalang.

Hal tersebut karena persoalan PT. EMM tidak hanya persoalan Beutong Ateuh Banggalang, tetapi menyangkut persoalan kewenangan Aceh yang dilangkahi oleh pemerintah pusat. Dan ini bagian dari persoalan Aceh yang harus diselesaikan secara bersama.

Zakaria Selaku Ketua GBAB pada kesempatan tersebut juga mempertanyakan sejauh mana kinerja dan progres tim penyelesaian sengketa PT. EMM yang dibentuk oleh Gubernur Aceh paska aksi besar yang dilakukan mahasiswa dan masyarakat pada 11 april yang lalu.

GBAB meminta tim penyelesaian sengketa PT. EMM untuk menyampaikan laporannya kepada publik yaitu kepada seluruh masyarakat Aceh, hal tersebut sebagai bentuk keseriusan pemerintah Aceh dalam menindaklanjuti tuntutan masyarakat Aceh.

Zakaria menegaskan sampai hari ini masyarakat Beutong Ateuh Banggalang tetap menolak pertambangan PT. EMM, dan meminta kepada semua masyarakat agar tidak terprovokasi atas isu tidak benar yang hanya ingin memecah belahkan persatuan dan kekompakan masyarakat di Beutong Ateuh Banggalang, [SP].

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita