Connect
To Top

Gainpala UIN Banda Aceh Kembali Jelajah Puncak Hulumasen

“Kegiatan ini menjadi sebuah aksi dalam kampanye lingkungan sehingga membuat kita sadar akan betapa pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan demi keberlangsungan kehidupan dimuka bumi kita ini, kalau bukan kita siapa lagi”

Banda Aceh – UKM PA-LH Gainpala (GP) Universitas Islam Negeri (UIN) Banda Aceh kembali melakukan pendakian Ekspedisi Puncak Hulumasen, pendakian dipenghujung Tahun 2019 dan juga mengawali Tahun 2020 Mapala Gainpala (GP) UIN mengusung sebuah tema “Menjelajah Nirwana Pedalaman Aceh”. Senin (16/12/2019).

Baca: Sekilas Tentang Ulumasen

Kegiatan pendakian menjelajah puncak Hulumasen akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Desember hingga Januari 2020, kegiatan direncanakan selama 15 hari dengan memilih rute pendakian atau start pendakian melalui jalur Aceh Jaya atau tepatnya di CRU Sampoiniet, Aceh Jaya, ujar  ketua tim ekpedisi, Mirza atau lebih akrab disapa Lobar.

Lobar menjelaskan, mengingat medan jalur menuju puncak Hulumasen jarang dijamah atau dilalui oleh umum, mereka harus berusaha mempersiapkan timnya baik fisik maupun mental, sehingga kegiatan nantinya akan berjalan secara maksimal dan semua anggota ekspedisi yang berjumlah 9 orang selamat sampai kembali ke Banda Aceh atau kampus UIN nantinya.

Dalam kegiatan tersebut tim ekspedisi akan melakukan inventaris satwa dan tumbuhan disepanjang jalur pendakian, “dan itu sangat penting karena isu perubahan iklim disebabkan kerusakan alam dan lingkungan semakin kita rasakan, dan hal tersebut merupakan salah satu tujuan dan menjadi motivasi kami untuk melakukan ekspedisi”.

Sementara titik awal atau start pendakian puncak ulu masen akan dimulai di CRU sampoiniet, Aceh Jaya dengan menyeberangi Sungai Ligan, Aceh Jaya. Diperkirakan medan pendakian yang akan ditempuh sangat sulit, karena harus menembus lebatnya hutan, melewati jurang yang penuh dengan batu cadas.

Baca juga: Gainpala UIN Berhasil Tembus Lima Puncak dalam Ekpedisi SB3M

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum UKM PA-LH Gainpala Ar-Raniry, Fauzi Rahmat berharap kegiatan ini menjadi bagian dari kampanye lingkungan dalam upaya menyelamatkan hutan di Aceh yang merupakan rumah bagi satwa liar terutama satwa kunci di Sumatera Khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Dengan kegiatan seperti ini menjadi sebuah aksi dalam kampanye lingkungan sehingga membuat kita sadar akan betapa pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan demi keberlangsungan kehidupan dimuka bumi kita ini, kalau bukan kita siapa lagi?”, demikan pungkas Fauzi Rahmat.

You must be logged in to post a comment Login

More in Berita