Connect
To Top

Aksi Bersih Pantai Ujong Blang, Temuan Sahabat Laut, Sampah di Laut Aceh Banyak Kiriman Luar Negeri

Ulumasen.com | Lhokseumawe – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di kota Lhokseumawe Sejumlah komunitas dan berbagai himpunan mahasiswa melakukan kegiatan pembersihan pantai di pesisir pantai Ujong Blang Kota Lhokseumawe pada Sabtu 2 Maret 2019.

Koordinator kegiatan Adil Fakhri menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang sebelumnya telah dilakukan di pantai KP3 pada 24 Februari yang lalu.

Peserta yang terlibat pada kegitan tersebut berjumlah 100 orang yang terdiri dari komitas dan organisasi mahasiswa, Solidaritas Indonesia Berbagi,  Aceh Go Green, Himpunan Mahasiswa Kelautan, Earth Hour Aceh, YARA Perwakilan Lhokseumawe dan DPM Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Selain membersihkan pantai dari sampah kegiatatan tersebut juga dilakukan Pendataan sampah yang merupakan kegiatan rutin dilakukan komunitas Sahabat Laut 4 Tahun terakhir terhitung sejak 2016 hingga 2019.

Pada kegiatan ini peserta berhasilkan mengumpulkan 96,6 Kg. Dari hasil pendataan sampah yang dilakukan oleh peserta ditemukan 3 kategori sampah yang paling banyak ditemukan, yaitu 1.718 sampah sedotan pelastik, 1.801 sterofom dan 2027 Potong plastik campuran.

Tidak hanya itu, Adil Fakhri juga mengungkapkan, berdasarkan hasil temuan Sahabat Laut di pantai Gampong Deudap Kecamatan Pulo Nasi Kabupaten Aceh Besar. Sampah yang terdapat di pulau tersebut banyak sampah kiriman luar Negeri sehingga ditemukan sampah berbagai merek luar Negeri.

Beberapa negara yang mengirim sampah di laut Aceh Diantaranya Maladewa, Thailand, Malaysia, Myanmar, Singapur dan beberapa negara dari Eropa. Ujar Koordinator Lapangan Sahabat Laut Afrizal.

Pada kesemppatan tersebut Adil Fakhri  selaku Koordinator kegitan mengharapkan agar masyarakat mampu mengurangi penggunaan sampah pelastik sehingga dapat mengurangi pencemaran Lingkungan, selain itu untuk para pemuda untuk bersedia melakukan berbagai aksi kampanye lingkungan demi masa depan bumi yang bersih dari Sampah Plastik, (Sp).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Konservasi